Cara Mengetahui Level dan Exp di Duolingo

Halo teman-teman! Apa kabar kalian semua? Akhirnya saya bisa memposting artikel kembali di blog ini setelah terakhir kali pada tahun 2015 lalu. Kesibukan akan dunia kuliah membuat saya terlalu lama melupakan blog yang telah saya bangun sejak saya SMP ini. Tapi kembalinya saya pada blog ini juga dikarenakan oleh perkuliahan saya. Saya mulai tertarik pada dunia penulisan. Saya harap tulisan-tulisan saya di blog ini dapat bermanfaat bagi kalian semua, para pembaca.

Di artikel kali ini saya akan membagikan informasi bagaimana cara kita mengetahui level dan exp yang telah kita capai di aplikasi Duolingo. Buat kalian yang belum tahu, Duolingo merupakan aplikasi gratis di mana kalian bisa belajar berbagai bahasa di dunia. Sistem yang digunakan oleh Duolingo sangat ramah dan mengasyikkan bagi para pemula yang ingin belajar bahasa. Kalau kalian gk percaya coba aja deh sendiri, pasti ketagihan belajar bahasanya wkwkwk

Ini nih ikon dari aplikasi Duolingo, namanya Duo. Barangkali kalian enggak asing sama dia

Di Duolingo setiap kita menyelesaikan kursus bahasa di setiap levelnya, kita akan mendapatkan exp. Rata-rata sih untuk sekali menyelesaikan kursus kita akan mendapatkan sekitar 10-15 exp sehabis kita menyelesaikan 1 tingkatannya.

Lalu bagaimana saya bisa melihat exp yang telah saya kumpulkan selama ini?

Untuk mengetahui jumlah exp yang telah kalian kumpulkan, kalian bisa masuk ke menu profil kalian, lalu kalian bisa lihat jumlah exp yang telah kalian kumpulkan di setiap bahasa yang kalian pelajari di sebelah kanan atas.

 

Kalau untuk mengetahui level kita bagaimana?

Untuk mengetahui kita ada di level berapa, gampang banget. Kita hanya perlu berkomentar di forum Duolingo. Setelah komentar kita terposting, maka akan tampak pula level tiap bahasa yang kita pelajari beserta dengan jumlah streak kita (streak itu semacam sudah berapa hari kita rutin belajar di Duolingo tanpa ada satu hari pun yang terlupakan)

Di sini dapat dilihat bahwa saya masih berada di level 19 dan 9 untuk bahasa Belanda dan Spanyol. Nah, gambar api tersebut merupakan streak kita. (Wow! Ternyata saya telah bermain Duolingo selama 65 hari secara konsisten wkwkwk)


Cara kita tahu berapa exp yang kita butuhin untuk naik level bagaimana?

Sayangnya Duolingo tidak menyediakan fitur untuk mengetahui berapa persen yang sudah kita lalui di level ini dan berapa exp yang perlu kita butuhkan untuk naik level. Oleh karena itu di sini saya akan memberi tahu kalian 2 cara untuk melihat progres belajar kita di Duolingo ini.

Cara pertama: Menggunakan Website Duome

  1. Buka website https://duome.eu/
  2. Pada bar url di bagian atas browser, tambahkan "/(username)/". Sebagai contoh username Duolingo saya "nafasbintang", maka yang saya perlu tambahkan adalah https://duome.eu/nafasbintang/
  3.  Setelah itu akan muncul tampilan seperti ini, nah di sini kalian bisa lihat progres kalian, jumlah exp yang diperlukan untuk naik level, persentase exp, dan lain sebagainya.

Cara kedua: Menggunakan Ekstensi Browser Duo Strength

Duo Strength merupakan sebuah ekstensi browser untuk menambah fitur-fitur yang ada di website Duolingo. Duo Strength sendiri saya temukan melalui forum yang ada di Duolingo. Ekstensi ini diciptakan oleh salah satu pengguna bernama ToranSharma.

Adapun cara menggunakan ekstensi ini adalah sebagai berikut:

  1. Download ekstensi ini di browser kalian (Sesuaikan dengan browser kalian)
    The Chrome Web Store
    Firefox Add-Ons
    Opera Addons
  2. Install ekstensi tersebut
  3. Buka website Duolingo, maka tampilan akan berubah. Akan ada tambahan-tambahan informasi baik mengenai progres kita maupun mengenai kursus kita.
        
    Tampilan Duolingo normal



    Tampilan Duolingo dengan ekstensi Duo Strength
     
    Selain itu kalian juga bisa lho mengatur fitur-fitur apa saja yang ingin kalian tampilkan di Duolingo dengan cara mengklik ikon Duo Strength di tab url.

    Untuk lebih lengkapnya kalian bisa baca informasi mengenai ekstensi ini di forum Duolingo disini.

Jikalau kalian masih bingung mengenai cara memasang ekstensi Duo Strength di browser kalian. Kalian bisa tonton video tutorialnya di bawah ini.



Semoga bermanfaat artikel ini. Buat kalian yang sedang belajar bahasa-bahasa baru. Semangat!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url